Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

Yuk Ketahui Perbedaan Teknik Telekomunikasi dan Informatika!

informatics engineer

Share

Calon mahasiswa sering kali merasa kebingungan mengenai perbedaan Teknik Telekomunikasi dan Informatika. Walaupun berada dalam satu rumpun, ternyata program studi ini berbeda. Sehingga, pastikan untuk mengetahui perbedaannya terlebih dahulu sebelum menentukan bidang yang akan ditekuni.

Perbedaan dari Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Informatika

Berikut ini adalah perbedaan dari Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Informatika :

1. Ilmu yang Dipelajari

Perbedaan pertama yang dapat kalian ketahui dari Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Informatika ini adalah pada ilmu yang dipelajari. Program Studi Teknik Telekomunikasi belajar apa saja? Pada Program Studi Teknik Telekomunikasi kalian akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan telekomunikasi. 

Apakah kalian tahu konektivitas 4G atau 5G yang kalian pakai di handphone kalian? ilmu itu akan dipelajari di Teknik Telekomunikasi loh. Para mahasiswa juga akan diajarkan cara berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan berbagai jaringan, seperti misalnya jaringan komputer, sinyal, radio, dan radar. Tak hanya itu saja, mahasiswa pun akan diajarkan bagaimana cara merancang dan menggunakan berbagai alat telekomunikasi yang bermanfaat.

Sedangkan, pada Program Studi Informatika akan mempelajari perancangan dan pengembangan perangkat lunak. Programming merupakan pokok utama dari Program Studi Informatika ini. Mahasiswa akan diajari untuk merancang sesuatu dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer. Selain itu, di Informatika kalian juga akan mempelajari sistem basis data serta keamanan siber.

2. Kemampuan

Mahasiswa Program Studi Teknik Telekomunikasi akan mempunyai kemampuan yang berbeda dengan mahasiswa dari Program Studi Informatika. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Informatika ini akan mempelajari ilmu yang berbeda sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

Mahasiswa dan lulusan program studi Teknik Telekomunikasi mempunyai kemampuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji berbagai alat telekomunikasi. Sedangkan, mahasiswa Program Studi Informatika mempunyai kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat yang biasanya berupa perangkat lunak (software).

3. Prospek Kerja

Dari segi prospek kerja pun Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Informatika  tersebut mempunyai prospek yang berbeda. Seorang lulusan dari Program Studi Teknik Telekomunikasi bisa menjadi engineer telekomunikasi, programmer, teknisi jaringan, data analyst dan lain sebagainya. Prospek kerja Teknik Telekomunikasi sangat luas karena lulusan mempunyai banyak bekal ilmu.

Sedangkan, untuk lulusan dari program studi Informatika biasanya akan berkarir menjadi seorang programmer, software developers, data scientists, maupun product designers. Hal ini tentunya tidak lepas dari pengaruh mata kuliah yang dipelajari selalu berhubungan dengan programming juga sistem data.

Mengenai berbagai prospek kerja tersebut harus dipikirkan matang-matang karena akan berhubungan dengan pilihan karir kalian ke depan. Sebaiknya, pilihlah program studi yang mempunyai prospek kerja luas dan mempunyai kemungkinan untuk selalu dibutuhkan. Dengan begitu, program studi tersebut cocok dipilih untuk mengembangkan diri dan karir kalian di masa yang akan datang.

4. Alat yang Digunakan

Alat yang digunakan mahasiswa Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Informatika pun berbeda. Walaupun sama-sama akan menggunakan komputer, namun akan ada alat yang berbeda ketika digunakan untuk bertugas.

Mahasiswa Program Studi Teknik Telekomunikasi akan menggunakan komputer, perangkat lunak, dan berbagai alat penunjang telekomunikasi. Sedangkan, untuk mahasiswa Informatika umumnya hanya menggunakan komputer dan perangkat lunak saja. Perbedaan ini tentunya cukup mencolok dan mudah untuk dikenali. Semua alat yang digunakan juga akan lebih dikenali saat melakukan praktikum baik di laboratorium maupun saat pelajaran di ruang kelas.

5. Gelar

Perbedaan yang terakhir dari Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Informatika adalah terletak pada gelar. Gelar yang akan didapatkan oleh lulusan Program Studi Teknik Telekomunikasi adalah S.T atau Sarjana Teknik. Sedangkan, untuk lulusan Program Studi Informatika biasanya akan mendapatkan gelar S.Kom atau Sarjana Komputer.

Gelar S.T memang diberikan untuk program studi yang berada pada rumpun teknik. Sedangkan, gelar S.Kom diberikan untuk program studi yang berhubungan langsung dengan komputer dari awal perkuliahan hingga akhir.

Itulah berbagai perbedaan Teknik Telekomunikasi dan Informatika yang penting untuk diketahui. Kini, kalian sudah mengetahui berbagai perbedaannya sehingga diharapkan bisa memilih program studi yang sesuai dengan harapan. Yuk mulai tentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu sejak dini dan #RaihMasaDepanmu untuk mewujudkan mimpi yang lebih baik!

Itulah berbagai program studi yang bisa kamu pilih untuk mendukung hobi kaamu dalam bermain game. Yuk mulai persiapkan diri sebaik mungkin dan #RaihMasaDepanmu untuk mewujudkan mimpi yang lebih baik!

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Telegram
Zoom