Logo Utama Telkom University
Logo Telkom University Sekunder Utama

Follow Us

Intip 5 Tren Internet of Things (IoT) yang Bakal Terus Berkembang

internet of things (IoT)

Share

Sebenarnya, ada banyak contoh Internet of Things yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah penggunaan ponsel pintar. Melalui ponsel pintar, kamu bisa mengakses informasi dengan mudah, melakukan pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai, menikmati hiburan, dan terhubung dengan perangkat lainnya.

Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa Internet of Things telah dikembangkan sejak lama. Namun, baru populer beberapa tahun terakhir. Tentunya hal ini tak lepas dari kemajuan teknologi yang makin pesat.

Apa Itu Internet of Things (IoT)?

Lantas, apa itu Internet of Things? Internet of Things (IoT) adalah konsep teknologi yang bertujuan memperluas manfaat internet dan memungkinkan penggunanya berkomunikasi dengan objek di sekitar menggunakan sensor atau teknologi lainnya. Internet of Things berkaitan erat dengan Machine-to-Machine (M2M) atau lebih dikenal dengan perangkat cerdas.

Perangkat cerdas tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan dan berbagai tugas lainnya. Selain perangkat cerdas, Artificial Intelligence, sensor, dan konektivitas juga termasuk unsur pembentuk Internet of Things.

Dalam kehidupan sehari-hari, penerapan Internet of Things membawa banyak manfaat di berbagai bidang industri. Mulai dari kesehatan, keuangan, pertanian, transportasi, pendidikan, dan lingkungan sekitar. Tak heran apabila kehadiran Internet of Things diprediksi akan membuat perubahan pada cara hidup manusia.

Inovasi Internet of Things Terbaru akan terus Berkembang

Masa depan Internet of Things sangat menjanjikan. Bahkan, dalam lima tahun mendatang makin banyak perangkat terhubung ke internet. Adapun beberapa tren terbaru Internet of Things yang akan terus berkembang hingga beberapa tahun mendatang.

Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan buatan telah memasuki fase baru. Hal ini tak lepas dari teknologinya yang sudah matang dan memiliki potensi untuk terus berkembang. Internet of Things dan AI adalah sekutu sekutu alami yang dapat memecahkan masalah serumit apa pun dengan kesederhanaan baru. 

Di tahun mendatang, kolaborasi ini akan membantu memudahkan pekerjaan manusia sekaligus meningkatkan proses dan pengalaman digital. 

Konektivitas 5G

Konektivitas 5G memungkinkan perangkat IoT berkomunikasi lebih cepat dan efisien. Meskipun konektivitas 5G telah digunakan, di tahun mendatang penyebarannya akan makin merata. Lantaran kecepatan internet 5G sangat cepat, banyak orang memanfaatkan hal ini agar terhubung dengan perangkat lain untuk mengontrol proses kerja jarak jauh, mengamankan kepemilikan, atau hal lainnya. 

Smart City dan Utilitas

Perkotaan menjadi salah satu lokasi utama penerapan solusi IoT. Solusi ini berdampak signifikan terhadap lingkungan, masyarakat, dan ekonomi. Utilitas pintar juga akan makin penting di perkotaan karena mendorong pertumbuhan di berbagai sektor. 

Tujuan penerapan Internet of Things pada smart city dan utilitas adalah untuk mengoptimalkan penggunaan energi, meningkatkan alokasi sumber daya, dan mengurangi limbah sehingga keberlanjutan dan efisiensi lingkungan perkotaan berjalan lebih optimal.

Perawatan Kesehatan 

Contoh Internet of Things pada bidang kesehatan yang kini menjadi tren adalah penggunaan akses internet untuk berkonsultasi dengan dokter. Di masa mendatang, solusi kesehatan rumahan dan fasilitas medis berbasis teknologi inovatif akan tumbuh lebih signifikan. 

Inovasi tersebut dimulai dari perangkat pintar untuk pemantauan penyakit kronis, pascaoperasi, sistem peringatan dini, smart tricorders, teknologi wearable, alat diagnostik medis, dan integrasi teknologi di kamar rumah sakit.

Smart Home

IoT di kehidupan sehari-hari terwujud dari kemudahan berbagai perangkat, seperti lampu pintar, smart door lock, colokan pintar, speaker pintar, penyiraman otomatis, kamera keamanan, dan robot pembersih lantai. Dalam beberapa tahun mendatang, banyak orang yang akan menerapkan smart home untuk kemudahan dan keamanan.

Belajar Internet of Things di Jurusan Teknik Telekomunikasi Telkom University

Dari penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa IoT akan terus berkembang seiring kemajuan teknologi. Tak ada salahnya belajar Internet of Things sehingga kamu bisa bersaing secara kompetitif di era Industri 4.0.

Kamu bisa daftar Telkom University dan pilih jurusan D3 Teknik Telekomunikasi maupun S1 Teknik Telekomunikasi yang telah terakreditasi Unggul keduanya oleh BAN-PT. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari cara instalasi, pengujian, pemeliharaan, dan pengoperasian piranti telekomunikasi secara luas. Didukung kurikulum Teknik Telekomunikasi yang dirancang sedemikian rupa mengikuti kebutuhan zaman, kamu bisa meraih masa depan dan karier cemerlang.

Sebagai mahasiswa Teknik Telekomunikasi Telkom University, kamu bisa menimba ilmu sembari menambah pengalaman berorganisasi dan bertemu dengan teman maupun pengajar terbaik di bidangnya. Tunggu apa lagi? Yuk, konsultasi via Zoom sekarang dan #RaihMasaDepanmu bersama Telkom University

Share

Berikan Rating & Feedback agar kami dapat meningkatkan layanan informasi kami.

Form Review Halaman Program Studi
WhatsApp
Telegram
Zoom